Minggu, 08 Juni 2014

Apakah Membicarakan Orang Lain Itu Membatalkan Puasa?

Tanya :
Assalamu ‘Alaikum WR.WB.
Buya Yahya saya mau bertanya, saya kan sedang
puasa tapi saya selalu membicarakan orang apakah
puasa saya batal, dan saya dapat dosa tidak? padahal
saya membicarakan kebagusan orang itu?
Jawaban :
Wa’alaikum Salam WR. WB.
Membicarakan orang lain bukan termasuk 9 hal yang
membatalkan puasa. Akan tetapi para Ulama
menjelaskan bahwa membicarakan kejelekan orang
lain menjadikan pahala puasa yang dilakukan akan
habis. Dan tidak hanya sampai di situ saja akan
tetapi dosa menggunjing adalah sungguh amatlah
sangat besar. Jika perzinaan adalah hina dan sangat
hina maka menggunjing adalah lebih hina dari itu
semua. Oleh sebab itu mari kita senantiasa menjaga
lidah kita dari menggunjing orang lain. Adapun
membicaran kebaikan orang lain jika maksudnya
adalah baik misalnya sebagai contoh untuk ditiru
maka hal itu adalah seuatu yang sangat dianjurkan.
Jadi membicarakan kebaikan orang lain bukanlah
menggunjing yang dilarang, tidak membatalkan
puasa dan tidak menghilangkan pahalanya bahkan
justru menambah pahala.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar